Friday, April 26, 2013

The Ugal-ugalan Trip Day 5 & 6: 17 Jam di Dalem Bis, and Finally Kuala Lumpur..!!

Bangun pagi di hari kelima dengan sedih. Karena bakalan cabut dari Phuket. Huwaaaaa...
Setelah balikin motor sewaan, kita ber-5 nitipin bawaan di 2W, trus jalan-jalan sebentar cari makan siang sama keliling sekitar. Dan watu itu kita sempet mampir ke toko oleh-oleh. Yang dijual kebanyakan olahan mete. Ada kacang mete berbagai rasa, ting ting mete, ada sirup mete, dan mete-metean lain. Makanan lain juga ada. Macem keripik buah, nori, kue-kue, termasuk oleh-oleh non halal. Soal harga, relatif sih ya. Yang jelas kalo yang dibeli olahan mete, ya segitu itu harganya. Dan waktu kita belanja, dikasih welcome drink looh. Sirup mete yang diseduh pake air soda. Iiiih.. endeees.. Langsung lah itu sirup saya beli buat oleh-oleh. Sebotol harganya 350 Baht.

Beres jalan-jalan, nongkrong sebentar di 2W cafe. Sekitar jam setengah 3 kita pamit, dan jalan kaki ke terminal. Dari terminal, kita naik bis menuju terminal no.2. Tarif bis 10 Baht per orang. Sekitar jam setengah 4 kita udah sampe terminal. Rencananya, dari terminal ini kita mau naik bis menuju Hat Yai. Pengennya sih naik bis yang paling malem (jam 20.30), biar perjalanan ga kerasa, dan sampe Hat Yai udah pagi. Trus ngapain aja 5 jam di terminal? Bengong.

sejam pertama masih ketawa-ketawa, sejam kedua ketawa mulai garing
sejam ketiga mulai keluar celetukan ga jelas, sejam keempat mulai pengen berantem

Ada pengalaman menarik waktu di terminal. Tepat jam 6 sore waktu Phuket, tiba-tiba dari speaker keluar suara lagu, dan tiba-tiba semua orang yang ada di terminal berdiri. Ternyata itu lagu kebangsaan Thailand.  Akhirnya kita pun ikut berdiri sampe lagu kebangsaannya selesai. Begitu selesai, ya udah. Lanjut beraktivitas lagi.

orang-orang pada berdiri pas lagu kebangsaan diputer

Jam setengah sembilan akhirnya tiba, dan akhirnya kita naik bis! Bis ekonomi aja cukup lah. Yang penting ber AC. Yang VIP mahal! Musti ngirit. Harga tiket bis ekonomi dari Phuket menuju Hat Yai 293 Baht per orang, dan perjalanan ditempuh dalam waktu kurang lebih 8 jam. Dan ternyata, jok bis-nya keras! Haseeemmm.. Lumayan loh, 8 jam duduk di jok keras dalam kondisi capek. Rasanya kaya perjalanan 2 hari 2 malem. Ga sampe-sampeeee... -___- Tapi alhamdulillah, sekitar jam 4 pagi kita sampai di Hat Yaaaaiii! Jeng jeng!

Tapi masih jam 4... Dan travel tempat kita mau beli tiket bis ke Kuala Lumpur baru buka jam 8. Zzzzzz... Yasudah.. Jadilah jam 4 pagi kita jalan kaki menuju travel di deket Lee Garden Plaza. Travel yang sama waktu kita beli tiket minivan menuju Phuket. Jalan kakinya lumayan jauh, 2 kilometer sepertinya ada yah. Dan di beberapa titik jalan, kita nemuin tempat refill air mineral. Hahaha.. Girang banget rasanya waktu nemuin mesin ini. Terutama Faiz ye.. Sampe 3x ngerefill saking senengnya. Murah looh.. Ngisi satu botol besar (1,5L) cuma 1 Baht. Ada juga yang 2 Baht. Padahal kalo beli di supermarket, air mineral 1,5L itu harganya bisa sampe 17 Baht. Curiga yang di mesin refill itu air got. :|

Begitu sampe di depan kantor travelnya, kita ngemper dulu. Bener-bener ngemper di trotoar sampe kantor travelnya buka. Kurang nista apa coba..? Begitu jam 8 teng dan si travel buka, langsung lah kita beli tiket bis menuju Kuala Lumpur. Bis terdekat berangkat jam 9 pagi (tapi ngaret. Baru berangkat jam 10). Harga tiket per orang 400 Baht, dan lama perjalanan dari Hat Yai ke Kuala Lumpur sekitar 9 jam. Hyuuuh.. Perjalanan masih panjang kawaaaaan..! Untung bisnya nyaman buanget! Seatnya 2-1, jok-nya lebar, dan ada sandaran kakinya.

bisnya baguus. Padahal ini kelas yang paling murah :))

Sekitar jam 7 (ato 8. lupa) akhirnya sampai di Kuala Lumpur. Langsung nyari hostel yang udah saya booking lewat email. Dan begitu masuk, hostelnya zonk beneeer. Padahal di Agoda gambarnya bagus cyin.. Nilai ulasannya juga di atas 8. Tapi zonk! Tempatnya lembab, bau, ga bersih. Parahnya lagi, bule-bule yang nginep disini pada jorok! Abis buang air ga disiram. Iiiiih... Sumpah deh, saya yang tadinya udah kebelet mandi, akhirnya ga jadi. Bahkan saya nahan pipis sampe pagi saking ogahnya masuk kamar mandi. 

Begitu liat kondisi hostel yang mengenaskan, yang awalnya udah booking kamar buat dua hari, akhirnya dicancel. Sehari aja cukup! Dan hamdalah, malem itu juga dapet hotel pengganti buat besoknya. Di Seven Nite Hotel. Tempatnya ga jauh dari hostel pertama. Cukup geser pantat dikit.

lobby Seven Nite Hotel, pas lagi booking kamar buat besoknya

Malam pertama di KL cuma cari makan, trus jalan-jalan di China Town aja. Bener-bener cuma jalan-jalan karena ga beli apa-apa sama sekali. Abis itu tidur karena punggung udah remuk redam kelamaan di bis.

No comments:

Post a Comment