Saturday, April 6, 2013

Ugal-ugalan Trip Day 3: Patong, Central Festival, dan Dikerjain Supir Tuk-Tuk

Hari ketiga dimulai dengan kesiangan bangun. Hahahaha.. Jam 9 baru pada bangun, masak indomie pake panci listrik buat sarapan, jam 10 baru pada mandi. Beres mandi, kita turun ke cafe bawah buat tanya2 soal objek wisata dan transport ke May, si pemilik hostel.

Tiap pagi masak Indomie

Kata May, kalo kita ke Phuket itu ya harus ke Patong Beach. Walaupun banyak pantai lain yang jauuuh lebih bagus, buat turis yang baru pertama kali ke Phuket, tetep wajib main ke Patong. Baiklaah.. Hari ini kita ke Patong. Berdasarkan informasi dari May, bakalan lebih efektif kalo kita sewa motor. Tarif sewa motor 250 Baht per hari. Tapi kan kita ber-5. Berarti harus sewa 3 motor. Hmmm.. Nanti dulu deh. Hari ini kita jalan-jalan naik bus kota dulu aja. Jadi, dari 2W Cafe & Hostel, kita jalan kaki sekitar 15 menit menuju Ranong Rd. Di Ranong Rd ini, ada bus-bus yang ngetem dengan tujuan ke berbagai pantai di Phuket. Tarif sekali jalan 30 Baht per orang, dan bus berhenti persis di depan pantai. Dan siang itu, kita naik bus jurusan Patong Beach.

Bus ke Patong Beach


Perjalanan naik bus dari Ranong Rd ke Patong Beach sekitar setengah jam. Dan begitu masuk kawasan Patong, kerasa banget hawa turisnya. Suasana kalo siang menurut saya hampir mirip Kuta Bali. Banyak toko, banyak cafe, banyak hotel. Persis banget deh. Rame, sibuk, dan padet luar biasa. Dan begitu sampe di pantainya, kita bengong. Rame bgt cing. Dan saya ga suka pantai yang macem pasar kaya begini. Pantai Kuta banget lah. Persis. Mana waktu itu jam 12 siang, mana panas banget, mana saya saltum. Ga sadar kalo pake celana jeans panjang *tepok jidat*, mana saya dapet sms dari orang rese di Indonesia yang bikin emosi (sempet gontok-gontokan dikit sm Hahan). Suasana jd ga asik bgt. Jadi kita ga lama-lama di Patong. Foto-foto bentar, trus cabut.



Sebelum cabut, sempet rundingan sebentar. Dan sepakat buat pindah ke Kata Beach. Tapiii.. Di tempat bus ngetem kok ga ada bus jurusan Kata Beach? Semua bus balik ke Ranong Rd. Apa iya kita harus ke Ranong Rd dulu, trus baru cari bus yang jurusan Kata? Ah, mondar-mandir dong. Akhirnya iseng nyamperin tuk-tuk. Tapi mahaaaal sekali jalan supirnya minta 400Baht. Ngok! Ogah deh. Ubah rencana. Naik bus aja, tapi kita turun di Central Festival. Kita ngemall aja. So, naiklah kita berlima ke bus kota (kebetulan busnya sama kaya yg kita naikin waktu berangkat), ongkosnya sampai Central Festival per orang 30 Baht. Pokoknya jauh deket 30 Baht.

Dan setelah sekitar 15 menitan, sampailah di tempat gaul se Phuket Raya: Central Festival. Ini mall terbesar di Phuket. Dan begitu sampe, yang kita lakukan pertama kali adalah foto-foto dan cari air. Haus beneer.. Beres minum, kita masuk ke dalem mall-nya. Inget ya, ga boleh bawa DSLR ke dalem. Jadi, selama jalan2 di dalem central festival, si DSLR duduk anteng di dalem tas. Dan sesi foto-foto di dalem mall dilakukan pake gadget yang dibawa alias HP. Sebelum menjelajah mall lebih jauh, mampir dulu ke Burger King buat makan siang. Entah halal entah haram deh. Yg dipesen sih emang burger sapi, tapi ternyata ada menu babi juga.


Burger King yang tidak jelas ke-Halal-annya :|



Mall-nya sih, ya standar mall lah ya. Gitu-gitu aja. Tapi toiletnya bersih banget, dan ada gerai sepatu Bata *ga nyambung*. Kita ga terlalu lama juga main di Central Festival. Begitu selesai keliling mall, mampir ke supermarket beli air putih, habis itu ya udah. Mari pulang.

Di tengah siang menjelang sore yang puanas, bis yang mau kita naikin menuju Ranong Rd ga dateng2. Udah ditungguin hampir sejam ga dateng-dateng. Zzzz.. Udh kebayang-bayang kamar hostel yang adem, udah kebayang-bayang kasur. Mulai bosen, dan mulai gosong saking panasnya. Trus saya iseng liat tarif taksi. Tarif taksi ke Phuket Town dari Central Festival 300 Baht. Tadinya udh mau nyerah naik taksi aja. Tp gara-gara kita ber5, taksinya minta tarif 450 Baht. Makasih. Mending nunggu bus aja.

Tapi kok ya si bus ga nongol-nongol jua lah yaaa. Begimana ini. Trus kita ngeliat ada tuk-tuk nurunin penumpang. Setelah nego-nego, si supir tuk tuk mau nganter kita sampe depan Hostel dengan tarif 200 Baht. Ya udah ayo deh, daripada kelamaan. Awalnya seneng banget naik tuk-tuk. Pake acara foto-foto segala. Tapi kemudian drama ketiga selama di Phuket terjadi. Sekedar info aja, supir tuk-tuk di Thailand sering ngakalin turis. Modusnya macem-macem. Tapi endingnya turis bakalan dibawa ke sebuah toko perhiasan dan diminta buat masuk ke dalem toko selama minimal 15 menit. Menurut si supir, kita ga perlu beli. Liat-liat aja cukup. Tapi kalo kita ga beli, si pemilin toko perhiasan yang bakalan ngata2in kita. Males banget kan? Usut punya usut, ternyata kalau turis mau masuk ke dalem toko selama 15 menit, si supir tuk-tuk bakalan dapet kupon bensin senilai 200 Baht. Saya udah baca banyak soal modus supir tuk-tuk macem begini. Dan temen sekamar saya di Hostel ternyata juga ngalamin waktu di Bangkok. Dan itu akhirnya kejadian sama saya!


Jadi, ditengah-tengah perjalanan, tiba-tiba tuk-tuk masuk ke sebuah toko perhiasan yg cukup besar. Kita sempet bengong. Tapi trus saya sama Faiz sadar. Jangan-jangan ini modus kaya yang kita baca di buku2! Dan ternyata bener. Si supir tuk-tuk nyuruh kita turun dan masuk ke dalem toko. Kita berlima jelas menolak mentah-mentah. Sempet eyel-eyelan juga. Tapi kita ngotot bilang "No!". Akhirnya si supir tuk-tuk dengan muka kesel bilang, "If you don't want to help me, I won't help you!" Habis itu dia nyetir tuk-tuk kaya orang kesurupan. Ngebut, ngepot, ngerem asal. Kita berlima bodo amat. Begitu sampe depan hostel, Faiz ngasih duit 200 Baht, dan kita buru-buru masuk ke dalem. Si Supir tuk-tuk teriak-teriak sambil ngacung-ngacungin duit. Ga jelas teriak apaan. Bodo amat.

Sampe hostel, mandi, trus pada tidur sore. Saya sama Hahan sempet jalan-jalan sebentar di sekitar hostel beli buah segar yg murah banget, 10-20 Baht per porsi tergantung jenis buah. Dan beli es bubble Thai Tea & Green Tea yang harga per gelasnya cuma 20 Baht. Padahal kalo di Indonesia harganya bisa 18ribu. Zzzzz.. Malemnya kita makan tom yam lagi di tempat yang sama kaya kemaren, beli ayam goreng, jalan-jalan keliling daerah sekitar, mampir ke tempat sewa motor (akhirnya kita sewa motor!), balik ke hostel, dan tidurr..

Cerita selanjutnya
Day 4: Keliling Phuket naik motor sewaan, asal mampir ke sebuat kuil, ke Chalong Bay, Rawai Landing Pier, main-main di Yanui Beach, liat sunset di Promthep Cape.

No comments:

Post a Comment