Saturday, April 13, 2013

The Ugal-ugalan Trip Day 4: Keliling Phuket Naik Motor Sewaan

Bangun pagi di hari keempat dimulai dengan sarapan Indomie seperti biasa. Dan saking betahnya nginep di 2W Cafe & Hostel, yang harusnya hari itu kita check out, tapi kita perpanjang lagi semalem. Sayangnya udah ga bisa sekamar berlima lagi. Saya sama adek saya harus pindah ke kamar lain. Tapi bagusnya, May ngasih diskon! Asik asik.. Yang harusnya kita bayar 1750 Baht semalem (untuk 5 orang), didiskon jadi 1700 Baht. Terimakasih kakak May..

Jadi, hari ini mau kemana? Mau keliling Phuket naik motor. Uhuyy.. Jadi malem sebelumnya, kita udah booking 3 biji motor scoopy yang unyu-unyu (serius, stripingnya unyu-unyu banget!) Dan sama pengelola rentalnya dikasih diskon jugaak! Harusnya sewa 3 motor itu 750 Baht, kita cukup bayar 700 Baht saja. Iiiih.. baik-baik bener deh ya orang Phuket. Jam 10 pagi motor udah diambil, daaan... petualangan dimulaiii... Kemana aja seharian naik motor?

1. Kuil........ (entah akuil apa namanya)


Awalnya mau nyari kuil yang namanya Wat Chalong, tapi ga berhasil. Bahkan Sygic pun ngga membantu. Akhirnya kita nemu kuil ini, daan.. mampir deh. Foto-foto bentar. Biar ga tau nama kuilnya apaan, yang penting punya foto sama gentengnya kuil Thailand yang meriah itu.



2. Chalong Bay
Sejujurnya, saya ga tau persis Chalong Bay ini tempat apa. -___- Tapi banyak kapal, banyak speed boat, dan ada dermaga panjang. Kita bisa berdiri di situ sambil ngeliat laut.. :)






3. Rawai Landing Pier
Ini juga kurang tau ya tempat apaan. Bzzzz... Kan cuma lewat, trus mampir. Bentuknya hampir sama kaya Chalong Bay, tapi pemandangan lautnya lebih baguus. Dan di sekitar situ, ada pasar ikan yang ngejual macem-macem seafood. Termasuk lobster yang gedenya nyaris sebetis manusia *lebay dikit*. Sayang, lobster-lobsternya ga saya foto.





Beres mampir ke tiga tempat tadi, kita ngelanjutin perjalanan. Rencana sih pengen ke beberapa pantai, pengen ke pusat energi listriknya Phuket, pengen ke Big Buddha, pengen ke Promthep Cape. Dan di tengah perjalanan, kita sempet berhenti sebentar buat ngadem, duduk-duduk sambil liat pemandangan laut yang baguuuus..


4. Near Promthep Alternative Energy
Awalnya saya baca-baca buku di 2W Cafe, nemu gambar kincir, dan naksir. Setelah tanya-tanya ke May, akhirnya kita pun memutuskan buat kesana. Pengen liat kincir *norak*.

kincirnya Phuket Alternative Energy Station
picture taken from here

Perjalanannya lumayan jauh, naik-naik, dan belok-belok. Tapiii.. jalanannya sepiii, dan sepanjang perjalanan pemandangannya aduhai bener deh. Pokoknya dikit-dikit bilang "wooow.. weeeew'' Dan begitu sampe atas, subhanallah.. Pemandangannya buaguuuuusss...! Lupakan kincir angin! Fokus ke pemandangan laut & pantai di bawah. Klimaks bener deh begitu liat ke bawah.




5. Yanui Beach
Sebenernya banyak loh, pantai di Phuket. Ada Kata, Karon, Kamala, Rawai, endebre endebre. Tapi dari sekian banyak pantai, cuma Patong sama Yanui ini yang kita samperin. Pantainya tenang, airnya bening, bersih, pasirnya putih, dan ga serame patong. Saya sendiri berenang sampe agak ketengah looh.. First time berenang di laut sampe ke tengah-tengah. Dan saya suka bangeeeet..







6. Promthep Cape
Beres berenang di pantai, lanjut menuju Promthep Cape. Dalam keadaan basah kuyup loh cyiin. Secara kita ga bawa baju ganti. Rencananya, kita pengen liat sunset disini. Memang Promthep Cape ini adalah titik paling pas, paling awesome buat liat sunset. Emang bagus sih, tapi sayangnya kita ga disitu sampe mataharinya bener-bener set. Soalnya udah kelaperan.





Oya, di Prompthep Cape ini juga ada tempat sembahyang, dan ada mercusuar juga. Kita bisa masuk ke mercusuar secara gratis tis. Cukup kasih sumbangan aja buat dana kebersihan seikhlasnya. Btw, di Promthep Cape ini saya ketemu banyak bis yang gedaaa dan buagus-buagus. Pacar saya yang Bismania langsung menggelinjang watu liat bis-bis itu.





woo.. mana ada Scania macem begini di Indonesia.
mentok-mentok liat Scania Irizar-nya Nusantara doang

 7. Pasar Sore
Puas jalan-jalan, puas liat-liat bus, kita pulang. Di perjalanan pulang, ga sengaja ngeliat semacam pasar sore. dan mampirlah kita ke pasar itu.



Apa aja yang dijual di pasar situ? Macem-macem! Mulai dari baju, kancut, beha, baju-baju second, ikan, kerang, cumi, macem-macem minuman, masakan, jajanan, sayuran, buah, bumbu masakan, apa aja ada pokoknya.


Disini saya nyobain beli sweet corn (10 Baht per porsi), dan beli baby octopus bakar yang endes bambang dan harganya muraaaah! Sebiji cuma 10 Baht.

octopus bakar :9

Beres jalan-jalan di pasar, kita pulang menuju Phuket Town. Sebelum ke hostel, mampir dulu buat makan malem. Dan makan malem kita kali ini adalah seafood! Nyom nyom.. Kita pesen ikan steam, kerang rebus, sama kerang bambu yang dimasak asem pedes. Porsinya segambreng-gambreng, dan makan seafood ber-5 plus minum cuma abis 700 Baht.

harap dimaklumi kebureman fotonya ye..
gelap cyin, dan cuma pake kamera iPod 

Rasanya pengen nambah sehari lagi di Phuket. Tapi sayang, watu kita tanya ke May buat perpanjang kamar hostel, May bilang kamarnya udah full booked. Yaaah.. Emang waktu itu pas weekend juga sih. Mana awalnya tu habis dari Phuket kita pengen mampir dulu ke Penang, tapiiii.. orang-orang sekitar bikin galau. Waktu saya bilang ke May kalo saya mau ke Penang, May cuma bilang, "serius neng mau ke Penang? Disono kan ga ada apa-apa. Cuma kota tua doang." Trus temen sekamar, Joe, juga bilang "Yang enak di Penang cuma makanan doang. Selain makanan, nothing..." Isssshh.. Bingung deh. Akhirnya kita memutuskan buat langsung ke Kuala Lumpur aja. Dan berhubung weekend, hampir semua hostel inceran penuh. Bingung kuadrat. May sempet nawarin buat nyariin hostel yang masih kosong di Phuket Town, tapi last minute akhirnya ada satu hostel di KL yang ngerespon email saya, ngasih tau kalo masih ada kamar kosong.

Anw, malemnya saya, Hahan, Faiz, Ricco, dan temen sekamar dari Brazil, Priscilla, sempet pergi ke Patong. Tepatnya di Bangla Rd. Kita jalan-jalan liat kehidupan malam di Bangla Rd dan nonton Ping Pong Show. I'm not gonna tell you here apa itu Ping Pong show. Yang pengen tau, tanya saya aja langsung ya. Yang jelas, nonton Ping Pong Show itu adalah pengalaman yang paling ga bisa dilupain selama di Phuket. Hahahaha.. ;)

2 comments:

  1. hi,
    asik banget keliling dinegara orang naek motor.. btw itu kalau turis naik mtr serem ga misal jadi incaran polisi kena tilang atau sejenisnya?
    trs jalannya pake GPS atau apa
    gampang ga sih
    makasih infonyaaaa =)

    ReplyDelete
  2. Pengalamannya menarik mbak
    Kebetulan bulan depan saya juga mau ke Phuket. Berhubung waktu saya terbatas sedangkan ada beberapa tempat yang harus saya datangi lagi, mungkin saya bisa tanya2 secara langsung ke mbak Lisnandia. Kalo ga keberatan apa boleh saya minta nomer teleponnya via e-mail saya? Makasih sebelumnya.

    Amel
    amelia.seftiarini@gmail.com

    ReplyDelete