Wednesday, April 3, 2013

Ugal-ugalan Trip Day 2: KTM Intercity, Hat Yai, Travel, and finally Phuket..!!

Lanjut yah gan, soal cerita trip ane..
Jadi, apa kabar hari kedua? Baiiik... Saya kebangun sekitar jam setengah 6 pagi, dan masih di dalem kereta!! Busyet.. lama sekali perjalanannya sodarah-sodarah. Berhubung laper, saya beli nasi lemak sama mie goreng buat ganjel perut. Masing-masing harganya 5,5 MYR. Beres makan lanjut bengong lagi. Mau tidur rasanya udah susah. Pantat ini rasanyaaa.. pegel mamaa.. Mana belom mandi, dan muka udah bagaikan kilang minyak. Akhirnya setalh bengong 2 jam, ada petugas kereta yang keliling. Bilang kalo sebentar lagi kereta mau sampe di Padang Besar, dan kita diminta buat turun lengkap sama semua barang bawaan buat lapor dulu ke imigrasi. Baiklaaah... Lumayan lah ya, bisa jalan-jalan. Bosen kakak, duduk di kereta mlulu. Beres urusan imigrasi, kita beli jajanan lagi. Beli mi bihun goreng, nasi lemak (again!), air mineral, sama beli fanta anggur. Dan seperti biasa, sambil nunggu dibolehin masuk kereta lagi, kita foto-foto dulu..

Dari stasiun Padang Besar menuju Hat Yai nggak terlalu lama. Karena pas naik ke kereta lagi, baru aja mau tidur-tidur ayam, eh.. petugas kereta udah teria-teriak "Hat Yai.. Hat Yaiiii.." Anyway, waktu perjalanan dai Padang Besar menuju Hat Yai, di dalem kereta kita ketemu sama orang Malaysia yang mau pergi ke Bangkok. Namanya Zhali. Dan Zhali ini bagaikan oase di padang pasir, karena dese dengan baik hati ngebantuin segerombolan traveler bodoh ini supaya bisa sampai Phuket dengan selamat. Begitu sampe di stasiun Hat Yai, dese menyelamatkan kita dari gerombolan orang yang nawarin tuk tuk lah, tuker uang lah, apa lah, dan dese bantuin kita cari travel lanjutan ke Phuket yang bagus di Hat Yai tapi harganya ga tepu-tepu. Terimakasih Zhali.. :)

Jadi, setelah duabelas jam yang bikin pantat rata, sampailah kita di Hat Yai..!! Jeng jeng.. Ini dia kota Hat Yai.. Walaupun kecil, tapi hidup looh.. Sayangnya kita ga sempet jalan-jalan keliling kota. Karena waktu itu sampe Hat Yai sekitar jam 10.30, dan travel ke Phuket yang bakalan kita naikin, berangkat jam 11. Hyuk deh.. Padahal kita udah deket banget sama Lee Garden Plaza. Jalan kaki juga sampe. Sempet sih jalan-jalan sebentar, cuma beli roti yang endes bambang dan harganya cuma 20 Baht buat bekal. Betewe, harga tiket travel dari Hat Yai menuju Phuket, per orangnya 350 Baht. Dan travelnya kereeen.. Pake Toyota Hi Ace..

Perjalanan dari Hat Yai menuju Phuket kurang lebih 7 jam. Untung travelnya nyaman banget. Tapii... sepanjang perjalanan si mas supirnya nyetel lagu Thailand. kenceng pula.. Zzzz.. Dan setelah 7 jaman, sampailah di Phuket Town. Dan terjadilah drama pertama: Mas supirnya ga mau nganter sampe hostel! Ga sesuai perjanjian awal! Kampret. Kita diturunin aja gitu di tengah jalan. Dan waktu saya tanya saya harus jalan ke arah mana, si mas supir cuma ngejawab pake bahasa tarzan. Aseeeemmm.. Mana banyak tukang ojek ngerubungin. Akhirnya kita jalan kaki. Entah kemana lah, pokoknya cari orang yang bisa ditanyain. Secara kita ga punya peta Phuket sama sekali.

Setelah jalan kira-kira 10 menit, sampailah di sebuah terminal. Dan banya agen travel disitu. Isenglah saya tanya ke ibu-ibu di salah satu agen travel. Dan katanya alamat hostel tempat kita nginep masih jauh, masih 4 kilo lagi. Wow.. Dan drama kedua dimulai. Ditengah-tengah bingung, si ibu-ibu agen travel nyaranin kita buat naik taksi menuju hostel. Si supir taksi bilang, ongkos ke hostel 300 Baht. Kita ga pikir panjang, langsung bialng: ya udah deh, mau gimana lagi. Maka naiklah kita berlima ke dalem taksi. Dan ternyata.. HOSTELNYA DEKET BANGET! Lempar kancut aja udah sampe. Kita cuma diputerin satu blok supaya kesannya rada jauh. Zoooonk..! Hilanglah itu duit 300 Baht. T_T Tapi berhubung badan udah rontok, ya sudahlah.. Yang penting masuk dulu ke dalem hostel, bisa naro barang, bisa mandi.

Gimana hostelnya? apakah bagus? Baguuuuus... Nanti saya bakalan bikin satu bab khusus buat nyeritain hostel ini. Yang jelas saya suka banget dan totally recommended! Lanjut lagi yah ceritanya. Jadi beres mandi, kita keluar cari makan. Cukup jalan kaki dikit ke jalan yang lupa namanya (pinter), langsung ketemu semacam pusat jajanan kaki lima. Mau cari yang halal, haram, ada semua disini. Dan malem itu kita makan kwetiaw goreng, nasi goreng, sate ayam, sate sapi, ayam panggang, dan tom yam aseli Thailand!

Tom yam-nya juaraaaaaaaa...! Seenak-enaknya tom yam yang pernah saya makan di Indonesia, masih lebih enak tom yam yang saya makan di Phuket! Mana murah.. semangkok gede tom yam seafood harganya 100 Baht. Isinya bener-bener full. Ga cuma kuah doang, dan bisa buat rame-rame karena porsinya lumayan gede. Saking doyannya, besoknya kita makan lagi disitu. Sampe mbak-mbak pelayannya apal. Hahaha.. Beres makan, jalan-jalan sebentar, trus balik ke Hostel, trus tidur.

Hari ke-3 cubi kontinyu yaah..