Monday, May 6, 2013

Waktu di Kuala Lumpur

Udah bukan rahasia lagi ya kalo Indonesia sama Malaysia itu kayak dua anak TK yang lagi marahan. Kadang suka saling sebel-sebelan. Jujur nih, saya mungkin salah satu dari sekian banyak orang Indonesia yang suka sebel sama Malaysia. Bahkan saya lebih ekstrim! Saya dulu pernah berikrar ke diri sendiri kalo saya ga akan mau menginjakkan kaki sedikitpun di Malaysia. Beli-beli barang Malaysia juga ogah saking sebelnya. Tapi, saya kena karma. Akhirnya saya mendaratkan diri di Malaysia. *sungkem sama Najib Tun Razak*

Jadi gimana?
Jawabannya: AKU MALU PERNAH SEBEL SAMA MALAYSIA
Serius. Indonesia juga harusnya malu kalo sebel terus-terusan sama Malaysia. Karena Indonesia itu bener-bener cemen ga ada apa-apanya dibandingin Malaysia. Serius! Kalo saya jembrengin satu per satu alasannya, saya ga kuat ngetiknya. Panjaaang.. Tapi yang jelas, terlepas dari tingkah Malaysia yang doyan main klaim-klaiman, Malaysia ini juauh lebih maju. Indonesia ketinggalan jauh. Saya ketik yang krusial aja deh ya..

1. Transportasi. Malaysia bisa nyediain transportasi gratis. Tapi walaupun gratisan, armadanya bagus dan nyaman. Transportasi yang berbayar pun ngga mahal kok. Makanya di KL banyak banget yang pakai transportasi umum. Cobalah itu subsidi BBM di Indonesia diilangin aja. Pindahin aja subsidinya ke transportasi. Di Malaysia, harga BBM pribumi sama yang import macem Shell itu ga beda jauh. Bahkan di Phuket juga gitu. Ga ada ceritanya harga BBM pribumi murah banget kaya disini.

2. Negaranya efisien. Contoh ni, kalo kita mau naik LRT atao naik Monorel, udah ga perlu ngadepin penjaga loket. Cukup ngantri di mesin. Pencet pencet, masukin duit, keluarlah tiket keretanya. Mau keluar stasium ya tinggal masukin tiketnya ke mesin. Ga perlu penjaga. Lha wong ga bisa dicurangin. Naik MRT juga gitu. Ga perlu kondektur. Sebelum naik cukup masukin duit ke mesin kecil. Efisien banget lah kerjanya. Ga heran gaji pekerja disini lumayan tinggi. Gaji penjaga kios di Berjaya Times Square aja bisa 1100 MYR loh! Itu baru gaji pokok yah..

3. Bersih! Jarang ada sampah keleleran di jalan. Dan yang lebih amazingnya lagi, malem-malem sekitar jam 12, saya jalan kaki dari BackHome ke Seven Eleven buat nyari makan malem. Dan di perjalanan itu, saya liat sendiri gimana trotoar di pinggir jalan itu disikatin..! Bayangin. Ada mobil tangki gitu nyiramin trotoar pake air sabun, trus dibersihin. Sampah-sampahnya juga dipungutin. Wew! Mungkin kalo duit negara di Indonesia itu ga dikorupsi, kita juga bisa kali yah, mengalokasikan dana buat bersih-bersih kota.

Suatu hari saya pengen balik lagi ke KL. Pengen lebih mengeksplore kotanya. Saya juga pengen main ke bagian Malaysia lain kaya Langkawi, atau ke Legoland di Johor Bahru. Saya masih pengen liat banyak hal dari Malaysia yang bisa bikin saya lebih bisa mengintrospeksi diri. Secara dulu saya pernah sebel banget sama Malaysia. Maafkan saya yaaah..

Malaysia keren kok! Sungguh! Ayo kita baikan..

6 comments:

  1. Saya suka entry ini penuh pujian dan sinis, jangan lupa kembali lagi ke Malaysia, kami sentiasa menanti kedatangan tetamu terhormat seperti anda.Salam dari Kuala Lumpur

    ReplyDelete
  2. this is what all indonesian had thinking. u guys are awesome just bukan begitu caranya dengan makian untuk menaikkan indonesia. kerana dgn kejyaan mampu menutup mulut org yg busk hati.

    ReplyDelete
  3. Semoga rakyat Indonesia berfikir positive...ngak mau ribut2 majukan Negara kalian Dan jangan lupa singkirkan penguasanya korup..slm Dr malaysia

    ReplyDelete