Friday, May 25, 2012

Caramel Pudding A La Sayaaaa... :D

My first sentence for this pudding: delicious and very easy to make.




Dulu, mamanya temen saya yang orang Portugal lagi main-main ke Jogja. Dan di siang bolong, beliau masak puding ini. Awalnya sih saya ga tertarik buat nyicipin. Karena jujur, bentuknya kurang menarik. Tapi akhirnya saya nyicipin juga. Dan ternyataaa.. Boooo.. Rasanya enak bangeeet. Saya langsung minta resepnya dan minta diajarin bikin. Semua bahannya gampang banget didapat. Cara bikinnya juga gampang banget kok.

Ini dia bahan-bahannya:
- 4 butir telur ayam
- 1/2 kaleng susu kental manis putih
- 1 sdm kopi
- 1 sendok teh rum
- 3/4 gelas kecil gula pasir
- air putih

Cara membuatnya:
1. Kocok lepas 4 butir telur
2. Tambahkan 1/2 kaleng susu kental manis dan 1 sendok teh rum. Kocok sampai rata.
3. Tambahkan 1/2 gelas air ke campuran telur. Kocok kembali sampai rata.
4. Larutkan 1 sdm kopi dengan sedikit air panas (dikiiiit aja yah. Pokoknya kopinya larut), campurkan ke dalam adonan telur, sisihkan.
5. Siapkan 3/4 gelas kecil gula pasir. Masak sampai menjadi karamel (ini yang agak ribet dan kudu sabar)
6. Tuang karamel ke dalam wadah atau pinggan tahan panas. Ratakan, biarkan sampai agak dingin dan agak mengeras.
7. Setelah karamel dingin dan agak mengeras, tuang adonan telur tadi. Tutup wadah dengan plastik bening, lalu kukus dalam panci tertutup selama kurang lebih 30 menit.

Dan jadinya adalaaaah.. Seperti yang di foto itu. Rasanya manis legit dan lembuuuut. Buat yang ga suka kopi, bisa diganti pakai sirup jeruk macam sunquick. Tapi menurut saya memang lebih enak kalau pakai kopi. Dimakan pas anget-anget enak, atau didinginkan dulu dalam lemari es juga enak. Buat catatan, puding ini bisa jadi semakin manis setelah disimpan dalam kulkas. Mungkin karena karamelnya makin meresap kali ye (sotoy). Hahaha.. Oya, kalau dirasa takaran diatas terlalu banyak, bikin aja setengahnya. Saya kadang bikin cuma setengah porsi.

Selamat mencoba yah..
Good luck! :)

No comments:

Post a Comment